Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

9 Ide Usaha Menguntungkan di Bulan Ramadhan

vemuda.com - Selamat berjumpa lagi di blog kami yang kecil ini. Kalau sebelumnya kami membagikan tentang ide usaha sampingan di dalam warung kelontong, maka kali ini kami akan membagikan ide usaha usaha menguntungkan di bulan Ramadhan. 
Kurma
Gambar: unsplash.com oleh Mona Mok

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dimana umat Muslim di seluruh penjuru dunia diwajibkan mengerjakan ibadah puasa. Mereka antusias setiap kali menyambut kedatangan bulan Ramadhan karena pahala ibadah di bulan Ramadhan dilipatgandakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Nah, selain untuk memperbanyak ibadah, bulan Ramadhan juga bisa dijadikan peluang untuk menjemput rezeki dari Allah. Berikut ini kami bagikan beberapa ide usaha yang bisa Anda coba untuk menambah-nambah penghasilan Anda selama bulan Ramadhan nanti. Mari kita simak satu-persatu. 

1. Berjualan Takjil untuk Berbuka Puasa

Setelah menjalani puasa selama seharian penuh, maka kita diwajibkan untuk berbuka puasa saat adzan maghrib berkumandang. Nah, tentu saja kita membutuhkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Kebutuhan akan menu berbuka puasa inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan takjil beraneka ragam. 

Anda bisa menjual makanan seperti gorengan, kue, bubur kacang hijau, pempek, mie ayam, bakso, kolak, dan lain-lain. Lalu untuk minumannya, Anda bisa menjual beraneka ragam jenis es dalam kemasan cup seperti es blender, es campur, jus buah, atau menjual sirup. Siapkan packing makanan dan cup minuman ketika Anda menjual takjil. 

2. Berjualan Perangkat Alat Shalat

Di bulan Ramadhan, Muslim sangat bersemangat untuk mengerjakan shalat fardhu dan sholat sunnah tarawih. Tentu saja ini juga menjadi peluang usaha bagi Anda untuk mendaatkan uang tambahan. Anda bisa mencoba berjualan berbagai macam perlengkapan untuk shalat di bulan Ramadhan. 

Ada banyak perangkat alat shalat yang bisa Anda jual, seperti mukenah, jilbab, sarung, baju koko, sirwal, peci, sajadah, tasbih, dan lain-lain. Manfaatkan momen ketika shalat jum'at untuk membawa dagangan Anda karena di momen seperti itu akan dihadiri banyak orang, sehingga membuka peluang untuk terjualnya dagangan Anda lebih banyak lagi. 

3. Berjualan Kitab Agama Islam

Momen bulan Ramadhan juga dimanfaatkan oleh umat Muslim untuk memperbanyak membaca dan mentadaburi Al-Qur'an, karena pahala yang didapatkan akan berlipat ganda pula. Ini kesempatan bagi Anda untuk menjual kitab Al-Qur'an kepada umat Muslim. 

Pilih berbagai macam jenis Al-Qur'an yang akan dijual, mulai dari yang berukuran kecil, menengah, sampai yang agak besar. Lalu sertakan pula menjual Al-Qur'an yang ada cover resleting, beserta yang ada terjemahannya. Selain Al-Qur'an, Anda juga bisa menjual kitab lain, seperti kitab panduan shalat, puasa, dan lain sebagainya. 

4. Berjualan Buah-Buahan

Saat berbuka dan sahur, tubuh orang yang berpuasa memerlukan nutrisi yang cukup untuk menjalani puasa seharian serta mengembalikan kondisi tubuh ke kondisi semula setelah berpuasa. Buah-buahan merupakan solusi terbaik ketika seseorang berpuasa, karena nutrisi nya paling dibutuhkan tubuh selain dari air minum. 

Anda bisa berjualan buah-buahan yang laris seperti kurma, pisang, semangka, pepaya, timun suri, jeruk dan sebagainya. Untuk buah-buahan, kurma menjadi primadona ketika di bulan Ramadhan. Karena selain sunnah nabi, juga nutrisi dari kurma juga tergolong sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh selama bulan Ramadhan tersebut. 

5. Berjualan Bahan-Bahan Masakan

Karena di bulan Ramadhan orang-orang banyak yang menyiapkan masakan, baik untuk berbuka puasa, makan malam ataupun saat sahur, maka tentu saja banyak orang yang mencari bahan-bahan untuk memasak. Dan ini bisa menjadi peluang usaha bagi Anda, terutama bagi yang memiliki warung kelontong. 

Bahan-bahan seperti beras, telur, terigu, minyak goreng, bumbu racik masakan, gula, garam, sayur-sayuran, ikan, daging dan sebagainya sangat dibutuhkan saat bulan Ramadhan. Anda bisa memperbanyak stok bahan-bahan tersebut di dalam warung kelontong Anda. Bila perlu adakan promo agar bisa menarik perhatian konsumen. 

6. Berjualan Lauk Matang

Terkadang ada sebagian masyarakat yang tidak sempat memasak karena terlalu sibuk dengan aktifitasnya, apalagi setelah seharian bekerja. Karena kesibukan tersebut, orang-orang jadi tidak sempat memasak dan butuh lauk siap santap ketika makan malam dan sahur. 

Ini peluang bagi Anda untuk menjual lauk matang siap dimakan. Masaklah dan juallah lauk yang sekiranya diminati pembeli. Buat lauk yang tidak mudah basi, karena sebagian masyarakat akan memanaskan lauk tersebut untuk dimakan saat sahur juga. Anda bisa membuat gulai, pindang, sop, atau apa saja yang sekiranya mudah terjual. 

7. Berjualan Kue Kering

Saat menjelang lebaran, atau kira-kira di sepuluh hari terakhir pada bulan Ramadhan, masyarakat sudah banyak memburu kue-kue kering untuk lebaran. Nah ini kesempatan bagi Anda untuk berjualan kue-kue kering siap dimakan. Anda bisa menjual dalam bentuk bungkusan plastik, toples, atau kalengan. 

Kue seperti biskuit coklat, cookies, dan sejenisnya sangat digemari. Banyak contoh kue kering yang bisa Anda coba untuk dijual. Anda bisa membuatnya, atau jika tidak sempat untuk membuatnya - Anda bisa membelinya dari agen kue kering, lalu Anda jual kembali. Ambil untung sedikit saja, misalkan untuk 1 bungkus kecil kue - Anda ambil keuntungan Rp. 2000- Rp. 3.500. Tak perlu ambil keuntungan cukup besar. 

8. Berjualan Pakaian

Di bulan Ramadhan, selain banyak yang mencari perlengkapan untuk shalat, masyarakat juga sering mencari pakaian baru untuk digunakan saat lebaran. Tidak hanya pakaian muslim, pakaian seperti kaos, kemeja, celana, tunik dan sebagainya juga dicari saat menjelang lebaran. 

Bagi yang memiliki toko pakaian seperti distro atau butik, ini kesempatan bagi Anda untuk mendulang rejeki saat menjelang lebaran. Bagi yang tidak memiliki toko pakaian, Anda bisa berjualan di pasar dengan membuka lapak sendiri memakai meja. Jual pakaian dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko pakaian atau mall supaya menarik perhatian konsumen. 

9. Berjualan Sandal dan Sepatu

Masih saat menjelang lebaran, banyak orang-orang yang mulai berburu alas kaki baru untuk dipakai saat lebaran. Kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk berjualan sandal dan sepatu baru kepada masyarakat. Terutama sandal biasanya sangat laris terjual. 

Jual sandal dan sepatu dengan berbagai tipe dan ukuran supaya calon pembeli memiliki banyak pilihan. Anda bisa juga menambahkan berjualan kaos kaki dan tali sepatu untuk meramaikan barang jualan Anda. Jangan berjualan alas kaki yang sulit dijangkau harganya. Lebih baik sedikit murah tapi kualitas menengah, tidak cepat rusak. Anda bisa berjualan di toko pakaian Anda atau membuka lapak di pasar. 

10. Penutup

Bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah, selain bisa mencari keberkahan dengan cara memperbanyak ibadah, kita juga bisa mencari keberkahan rejeki dengan berjualan selama bulan Ramadhan. Di atas kami sudah memberikan beberapa gambaran ide usaha yang bisa Anda coba. 

Namun jangan lupa untuk menyisihkan sebagian rejeki Anda untuk bersedekah dan berzakat fitrah juga. Karena hal itu berguna untuk membersihkan harta Anda. Semoga info dari kami ini bisa membantu Anda yang ingin mengais rejeki saat bulan Ramadhan tiba. Selamat mencoba, semoga berhasil. 

Post a Comment for "9 Ide Usaha Menguntungkan di Bulan Ramadhan"