Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Jitu Mengatur Keuangan di Bulan Ramadhan

vemuda.com - Selamat berjumpa kembali di blog kami yang sederhana ini. Jangan bosan-bosan untuk mampir ya sobat. Hari ini kami akan membagikan tips bermanfaat bagi Anda yang ingin mengatur keuangan selama bulan Ramadhan supaya keadaan finansial Anda stabil, seimbang dan efektif dalam penggunaannya. 
Uang rupiah
Gambar: unsplash.com oleh Mufid Majnun
Sebentar lagi kita akan menyambut kedatangan bulan mulia, yakni bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk berpuasa dan menahan hawa nafsu lainnya. Maka sejatinya pula menahan nafsu untuk berbelanja harus bisa dikendalikan, supaya kita bisa mengambil hikmah dari makna berpuasa melawan hawa nafsu secara utuh. Maka dari latar belakang itu pula kami bermaksud untuk membagikan tips bermanfaat berikut untuk Anda. 

1. Pentingnya Mengatur Keuangan

Kenapa mengantur keuangan selama bulan Ramadhan itu perlu? Karena selain untuk melawan nafsu berbelanja, juga demi berhemat, sehingga Anda bisa menyimpan uang untuk kebutuhan lainnya yang lebih mendesak. Hal ini dikarenakan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. 

Di masa depan Anda bisa saja membutuhkan uang banyak untuk keperluan sekolah, membayar tagihan, atau untuk keperluan membuka usaha. Berhemat sejak dini diperlukan agar Anda tidak jatuh terhadap perilaku terlalu berlebihan atau terlalu konsumtif. Maka mengatur keuangan selama bulan Ramadhan sifatnya urgensi bagi Anda. 

2. Perilaku Terlalu Konsumtif selama Bulan Ramadhan

Seperti yang kami sebutkan di atas, perilaku terlalu konsumtif itu tidaklah baik. Kalau kita perhatikan, banyak orang berlebihan mengeluarkan uang selama Ramadhan. Hanya untuk berbuka puasa saja, orang membeli berbagai macam makanan dan minuman. Padahal perutnya tidak sanggup untuk menerima makanan dan minuman sebanyak itu. 

Menjelang lebaran, perilaku terlalu konsumtif makin menjadi-jadi. Selain ingin membeli makanan untuk lebaran, orang-orang juga mulai berkeliaran memburu pakaian baru, alas kaki baru, mengecat rumah, serta membeli ini itu demi persiapan menyambut lebaran. Akhirnya banyak uang yang mereka habiskan dalam waktu singkat. 

3. Akibat dari Terlalu Konsumtif

Dikhawatirkan akibat terlalu konsumtif ini Anda akan mengalami kesulitan keuangan setelah Ramadhan berlalu. Uang yang seharusnya bisa digunakan setelah Ramadhan malah habis duluan, sehingga Anda harus berutang kesana kemari untuk memenuhi kebutuhan hidup. Nah hal ini tidak boleh terjadi, harus Anda hindari. 

Buruknya perilaku boros menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk menahan diri untuk mengeluarkan uang. Pelit terhadap diri sendiri itu buruk, tapi boros juga buruk akibatnya. Maka sikap pertengahan yang kita pilih dalam hal ini. Jangan hanya karena menuruti keinginan, Anda akhirnya menyesal  karena telah menghabiskan banyak uang. 

4. Tips Jitu Mengatur Keuangan selama Ramadhan

Berikut ini kami bagikan tips jitu mengatur keuangan selama bulan Ramadhan supaya keadaan finansial Anda baik-baik saja setelay Ramadhan berlalu. Ada tiga buah poin utama yang kami sampaikan. 

a. Berhemat dalam Mengeluarkan Uang

Cara Pertama, untuk mengatur keuangan itu salah satu kuncinya adalah dengan berhemat dalam mengeluarkan uang. Jangan membelanjakan uang untuk membeli sesuatu yang belum perlu dan belum mendesak. Tahan nafsu untuk membelanjakan uang semampu Anda, jangan kebablasan hanya karena ini mewujudkan keinginan Anda. 

Catat dahulu apa saja yang akan dibeli selama bulan Ramadhan, lalu review kembali kira-kira perlu atau tidak barang-barang tersebut untuk dibeli. Kalau dirasa belum mendesak, maka sebaiknya Anda batalkan saja dahulu untuk membelinya. Beli barang yang benar-benar dibutuhkan saja, sesuaikan dengan dana Anda. Perhatikan resiko apa yang akan terjadi setelah Anda mengeluarkan banyak uang. 

b. Mencari Alternatif Usaha Lain di Bulan Ramadhan

Cara kedua untuk mengatur keseimbangan keuangan Anda selama bulan Ramadhan yaitu dengan mencari alternatif usaha lain. Ini bertujuan supaya Anda bisa mendapatkan penghasilan dari jalur lain terlepas dari mata pencaharian Anda sebelumnya sebelum Ramadhan. 

Ada begitu banyak peluang usaha yang bisa Anda coba untuk menambah pundi-pundi rupiah Anda selama bulan Ramadhan. Tinggal Anda pilih mau mencoba cara yang mana. Untuk lebih detail, Anda bisa membaca artikel kami yang berjudul "9 Ide Usaha Menguntungkan di Bulan Ramadhan". Di sana kami membagikan 9 ide usaha yang sekiranya bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk mengais rezeki di bulan Ramadhan. 

c. Menabung Selama di Bulan Ramadhan

Cara ketiga, menabung merupakan salah satu tips mengatur keuangan paling direkomendasikan setelah Anda bisa berhemat dan memiliki penghasilan dari jalur lain. Selama Ramadhan, sisihkan sedikit uang untuk menabung agar pengeluaran Anda bisa dikendalikan selama Ramadhan. 

Anda bisa bisa menabung dengan bebas setiap hari, mau menabung berapa saja boleh. Atau Anda bisa menabung dengan metode persentase dari penghasilan Anda perharinya. Misalkan hari ini Anda menghasilkan uang Rp. 200.000, maka Anda ambil 10 persen dari penghasilan tersebut untuk menabung, jadi Anda akan menabung sebesar Rp. 20.000. Atau bisa juga dengan metode yang lain, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. 

5. Penutup

Dengan berhemat, mencari alternatif usaha, dan menabung diharapkan keadaan keuangan Anda akan tetap stabil selama bulan Ramadhan dan setelan bulan Ramadhan. Supaya Anda tidak mengalami kesulitan dalam hal keuangan setelah Ramadhan berlalu. Karena perilaku boros itu termasuk perilaku buruk yang akan mengantarkan seseorang kepada kehancuran. 

Semoga tips dari kami ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin mengatur keuangan selama bulan Ramadhan. Kalau ada kekurangan kami mohon koreksi dengan cara memberikan komentar di bawah artikel ini. Saran dan kritik Anda sangat kami butuhkan untuk memperbaiki blog kami ini. 

Kalau tulisan ini dirasa bermanfaat, maka Anda boleh membagikannya kepada khayalak umum seperti di media sosial supaya lebih banyak lagi yang membacanya. Terima kasihkasih sebelum dan sesudahnya. 

Post a Comment for "Tips Jitu Mengatur Keuangan di Bulan Ramadhan"