Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Challenge Menabung 7.000 Rupiah untuk Beli Smartphone Baru

vemuda.com - Hai jumpa lagi di blog kami, salam sukses selalu. Kalau sebelumnya kami membagikan tips menabung untuk mendapatkan uang 18 juta rupiah yang bisa dipakai untuk membuka usaha, misalnya membuka usaha warung kelontong, maka hari ini kami ingin berbagi challenge menabung uang Rp. 7.000 untuk membeli smartphone baru, lebih tepatnya smartphone kelas entry level kisaran harga Rp. 2.000.000 - Rp. 2.500.000. 

Huawei Android
Gambar: unplash.com oleh Kenny Leys
Untuk harga segitu termasuk lumayanlah smartphone nya, gak terlalu buruk kalau untuk kaum muda. Apalagi kalau hanya sekedar untuk pemakaian ringan seperti membuka media sosial atau mengambil foto saja. Challenge menabung berikut ini merupakan tips menabung cepat untuk membeli smartphone baru, karena jangka waktunya hanya setahun saja. 

1. Challenge Menabung untuk Beli Ponsel Baru

Untuk kali ini, kami hanya menyarankan menabung di rumah saja, tidak menganjurkan menabung di bank. Karena jumlah nya memang tidak terlalu banyak, sehingga lebih mudah menyimpannya di rumah. Kita bisa menabung di dalam celengan atau di dalam amplop. 

a. Menabung di Celengan

Kami menyarankan Anda untuk menabung di dalam celengan yang terbuat dari bahan plastik atau kaca. Karena kalau menabung di dalam celengan yang terbuat dari kaleng - dikhawatirkan celengan tersebut nantinya berkarat dan bisa mengotori uang Anda. Anda bisa menggunakan toples/tupperware atau galon bekas kalau ada. 

b. Menabung di dalam Amplop

Cara ini cukup unik, karena celengan akan terlihat seperti susunan amplop yang berisi surat. Caranya, tiap kali Anda menabung, masukkan uang Anda ke dalam amplop. Tiap hari siapkan satu amplop untuk sekali menabung, lalu esok hari lakukan hal yang sama. Sehingga kalau Anda menabung selama satu tahun, maka akan ada amplop sekitar 365 lembar. 

2. Nominal Uang dan Durasi Menabung

Nominal uang yang ditabungkan tidaklah banyak, cuman kalau rajin dikumpulkan ya lumayan juga hasilnya untuk membeli smartphone baru. Berikut nominal dan durasi menabung nya. 

a. Nominal Uang

Sesuai judulnya, kali ini nominal uang untuk ditabung ialah Rp. 7.000 saja setiap hari. Sangat disarankan menabung dengan 1 lembar uang Rp. 5.000, dan 1 lembar uang Rp. 2.000. Jadi akan ada 2 lembar uang yang akan ditabung setiap hari dengan nominal yang berbeda. Saya rasa tidak akan terlalu berat bagi Anda untuk menabung uang dengan nominal kecil seperti itu. 

b. Durasi Menabung

Untuk durasi menabung yakni selama satu tahun, lumayan lama, tapi tidak memberatkan karena nominal uangnya kecil. Jadi jika setiap hari Anda menabung sebesar Rp. 7.000, maka dalam satu tahun Anda sudah mendapatkan uang sebesar Rp. 2.500.000. Uang sebesar itu sudah cukup untuk membeli smartphone baru dengan kualitas lumayan. 

3. Buat Tabel Menabung Harian

Kami sangat menganjurkan Anda untuk mencatat aktifitas pola menabung Anda dengan membuat tabel menabung harian di buku catatan agar bisa memantau jumlah uang dan durasi tabungan yang telah Anda lalui dari hari ke hari. 

Karena kita menargetkan menabung Rp. 7.000 dalam setahun, maka kita dapat membuat tabel 3 kolom. Kolom pertama berisi nomor urut 1 sampai 365. Kolom kedua berisi tanggal menabung dan kolom ketiga berisi nominal uang yang Anda tabungkan setiap hari. 

Tabel menabung Harian
Tabel Menabung Harian

4. Riset Smartphone yang Akan Dibeli

Kalau sudah terkumpul uangnya dalam satu tahun, maka langkah selanjutnya adalah meriset smartphone yang akan Anda beli. Dengan meriset, kita akan mengetahui kelebihan dan kelemahan smartphone dan kisaran harganya. Sehingga kita tidak akan salah beli smartphone. 

a. Riset Spesifikasi Smartphone

Hal pertama ialah meriset spesifikasi, Anda akan mengetahui kelebihan dan kelemahan smartphone. Anda bisa melihat review smartphone yang ingin Anda beli melalui channel review smartphone di YouTube. Atau Anda juga bisa mengetahui review nya melalui situs di internet. Bisa juga melalui forum di media sosial. Lihat apa kata para reviewer yang telah memakai smartphone tersebut. 

b. Riset Harga Smartphone

Setelah Anda telah melihat review nya, maka selanjutnya Anda mesti mengetahui kisaran harga smartphone tersebut. Kadangkala harga penjualan online dan offline itu berbeda. Cari harga terbaik yang tentunya lebih murah. Kadang ada yang selisihnya Rp. 100.000 - Rp. 300.000. Biasanya secara ada toko-toko online yang menjual dengan harga lebih murah dengan garansi resmi. 

5. Tahap Pembelian Ponsel Baru

Setelah Anda telah mengetahui spesifikasi dan harga nya, langkah selanjutnya adalah membeli smartphone yang Anda inginkan. Namun ada juga yang harus dilihat saat membeli smartphone supaya tidak ada kesalahan dalam pembelian. 

a. Periksa Kelengkapan Pembelian Smartphone

Baik membeli secara online atau offline, Anda harus memeriksa kelengkapan smartphone dalam paket pembelian. Periksa apakah kepala charger nya ada atau tidak, lihat juga kabel charger nya apakah ada atau tidak. Jangan lupa periksa kartu garansi dan buku manualnya. 

Untuk pembelian secara online, Anda harus merekam video saat unboxing (membuka kemasan) smartphone, supaya Anda memiliki bukti bahwa tidak ada rekayasa saat unboxing. Sehingga seller percaya saat Anda mengeluhkan adanya ketidaklengkapan dalam pembelian. 

b. Tes Fungsi Smartphone

Selanjutnya, yang ini paling penting lagi. Anda harus memeriksa fungsi atau fitur pada smartphone. Cek apakah smartphone berfungsi normal saat melakukan panggilan telepon, perhatikan suara saat menelepon apakah terdengar atau tidak. Lalu cek speaker dan touchscreen nya berfungsi baik atau tidak. 

Jangan lupa tes pengisian baterai, apakah masuk atau tidak saat diisi. Cek juga kameranya apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Lalu fitur-fitur lainnya juga dicek. Rekam dengan video saat sedang memeriksa fungsi smartphone bagi yang membeli secara online. Kalau ada yang tidak berfungsi maka segera laporkan kepada seller. 

6. Penutup

Nah itulah tadi tips menabung dengan uang 7.000 Rupiah untuk membeli smartphone baru kelas entry level. Menabung dengan nominal seperti itu tentu tidak terlalu memberatkan bagi kaum muda. Daripada setiap hari Anda boros belanja, lebih baik disisihkan sedikit untuk menabung

Kalau smartphone Anda sudah digunakan selama 3 tahun, maka bersiaplah untuk menabung sebagai jaga-jaga jika nantinya smartphone Anda mulai susah digunakan, bisa disebabkan oleh sesaknya RAM dan ROM pada smartphone Anda yang membuat smartphone Anda sering error, atau karena sering terjatuh dan terbentur dengan benda padat. Kadang juga ada faktor-faktor lain yang menyebabkan smartphone menjadi tidak bisa digunakan lagi. Semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "Challenge Menabung 7.000 Rupiah untuk Beli Smartphone Baru"