Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Menabung Unik Paling Asyik

vemuda.com - Selamat berjumpa kembali di blog kami yang sangat sederhana ini. Kalau sebelumnya kami telah membagikan tips Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun maka pada kesempatan ini kami akan membagikan 7 Cara Menabung Unik Paling Asyik yang dapat dipraktekkan oleh Anda semua. 

Uang receh
Gambar: unsplash.com oleh Sandy Millar
Menabung merupakan kebiasaan positif untuk menjaga uang kita agar tidak cepat habis karena dipakai untuk hal yang kurang diperlukan atau sia-sia. Menabung mengajarkan kita agar bisa menghemat pengeluaran setiap hari dan juga demi menghadapi masa depan. Karena di masa depan kebutuhan akan semakin banyak dan kita butuh uang yang banyak pula untuk mengatasinya. 

Menabung bisa menjadi hobi yang menyenangkan bila dilakukan dengan cara-cara yang unik dan tidak membosankan. Sebenarnya ada begitu banyak cara menabung yang bisa dilakukan oleh siapa saja, namun kami hanya akan membagikan 7 cara menabung unik paling asyik versi vemuda.com. Apa saja ketujuh cara menabung unik tersebut? Mari kita bahas satu-persatu. 

1. Menabung Berdasarkan Hari

Cara menabung ini yaitu dengan berdasarkan hari dalam seminggu. Maksudnya dalam seminggu kita akan menabung dengan nominal yang berbeda-beda. Ini merupakan salah satu cara menabung uang dengan cepat sehingga tanpa terasa uang tabungan kita akan cepat terisi. 

Bagaimana cara menabungnya? Nah kita ketahui bahwa dalam seminggu itu ada 7 hari. Dari hari Minggu sampai hari Sabtu kita menabung uang dengan nominal yang berbeda. Misal hari Minggu menabung Rp. 5.000, Senin Rp. 10.000, Selasa Rp. 15.000, Rabu Rp. 20.000, Kamis Rp. 25.000, Jum'at Rp. 30.000, Sabtu Rp. 35.000. Anda bisa sesuaikan sendiri variasi nominal tabungan dari hari ke hari sesuai kebutuhan. 

2. Menabung Berdasarkan Bulan

Kalau pada poin pertama Anda menabung berdasarkan hari, maka yang ini berdasarkan bulan dalam setahun. Ini juga merupakan cara menabung uang di rumah dengan cara yang asyik. Adanya variasi nominal menabung yang berbeda-beda tiap bulan akan menjadi challenge menabung yang menyenangkan. 

Bagaimana cara menabungnya? Nah kita  ketahui bahwa ada 12 bulan dalam setahun. Dari bulan Januari sampai Desember kita akan menabung dengan nominal yang berbeda-beda. Misal pada bulan Januari menabung Rp. 5.000 sehari, Februari Rp. 7.000 sehari, Maret Rp. 10.000 sehari, April 12.000 sehari, Mei Rp 15.000 sehari, Juni Rp. 17.000, Juli Rp. 20.000, Agustus Rp. 22.000, September Rp. 25.000, Oktober Rp. 27.000, November Rp. 30.000 dan Desember Rp. 35.000. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. 

3. Menabung Berdasarkan Persentase Penghasilan

Cara ketiga ini menurut kami adalah cara menabung yang sangat dianjurkan. Cara menabung ini berdasarkan persentase penghasilan kita sehari-hari. Jadi nominal uang yang ditabungkan pun akan tergantung dari pendapatan kita sehari-hari. Tips menabung ini seringkali direkomendasikan oleh pakar ekonomi. Nah bagaimana cara menabung uang berdasarkan persentase penghasilan? 

Anda terlebih dahulu harus memperhitungkan 3 hal; berapa persentase uang kebutuhan sehari-hari, persentase uang untuk jaga-jaga dan persentase uang untuk ditabungkan. Misal Anda membaginya menjadi 50/30/20, artinya 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen sebagai uang jaga-jaga, dan 20 persen nya lagi untuk ditabung. Jadi jika hari ini Anda mendapatkan uang Rp. 200.000 maka uang yang harus Anda tabung adalah Rp. 40.000 (20% dari Rp. 200.000). Lebih bijak bukan? 

4. Menabung Setiap Mendapatkan Uang Koin

Cara menabung unik berikutnya adalah menabung setiap kali mendapatkan uang koin entah pecahan Rp. 500 atau Rp. 1.000. Nah cara menabung uang seperti ini harusnya lebih mudah dilakukan oleh siapapun juga, terutama bagi anak-anak yang ingin menyisihkan uang jajan mereka sehari-hari. 

Setiap hari kita biasanya mendapatkan uang koin recehan setelah berbelanja. Nah uang kembalian berbentuk koin itulah yang nantinya akan ditabungkan. Jadi dalam sehari bisa saja ada beberapa uang koin yang bisa dimasukkan dalam celengan. Banyak orang yang menabung uang recehan bertahun-tahun lamanya, setelah dibuka ternyata jumlahnya besar dan bisa untuk membeli sepeda motor. Jadi kenapa tidak kita coba saja? 

5. Menabung Sebagai Hukuman

Cara menabung unik berikutnya adalah menabung setiap kali melakukan kesalahan. Jadi menabung di sini maksudnya sebagai hukuman atas kesalahan atau kelalaian yang telah kita perbuat, entah itu kesalahan terhadap diri sendiri atau terhadap orang lain. Bagaimana contohnya? Tentu saja Anda akan merasa aneh dengan cara menabung seperti ini. 

Misalnya ketika Anda bangun kesiangan, Anda harus menabung sebagai hukuman. Lalu ketika Anda lupa mengerjakan pekerjaan di rumah, maka sebagai hukumannya Anda harus menabung. Pokoknya apa saja kesalahan atau kelalaian yang telah Anda perbuat sebagai hukumannya Anda diwajibkan menabung dengan nominal tertentu yang telah Anda tetapkan. Makin banyak kesalahan dan kelalaian yang diperbuat dalam sehari maka makin banyak uang yang harus Anda tabung. Menarik bukan? 

6. Menabung dengan Mengikuti Arisan

Pernah ikut arisan? Nah bagi yang sudah pernah ikut arisan pasti sudah tahu bahwa arisan merupakan cara menabung yang menyenangkan. Selain bisa mengumpulkan uang, kita juga akan berkumpul dengan anggota arisan yang lainnya. Menariknya dalam arisan, para anggota akan menunggu giliran untuk mendapatkan total uang arisan. Jadi akan selalu ada rasa dag dig dug ketika arisan dimulai. 

Tapi sebelum memutuskan untuk ikut arisan, Anda harus mengukur dahulu berapa penghasilan Anda perhari supaya tidak terjadi kemacetan saat membayar arisan. Karena saat Anda macet membayar arisan maka akan mengacaukan kegiatan arisan, karena total uang yang harus diberikan kepada anggota yang kena arisan akan berkurang. Jadi jangan sampai membuat malu diri sendiri. Terlepas dari itu, arisan merupakan cara menabung yang menyenangkan. 

7. Menabung di Aplikasi Reksadana

Kalau Anda merasa bahwa menabung di bank atau celengan kurang menarik dan membosankan maka Anda coba menabung melalui aplikasi reksadana. Anda download aplikasi mobile nya di smartphone Anda , kemudian setor uang yang akan ditabungkan. Apakah menabung seperti ini aman? Ya tentu saja aman kalau sudah diawasi OJK. 

Menabung di aplikasi reksadana ini memiliki resiko rugi atau untung. Anda harus pintar-pintar ketika menabung di sini supaya tidak tekor. Aplikasi reksadana Bibit bisa menjadi pilihan karena telah terbukti sejauh ini dan aman digunakan untuk menabung. Pilih tabungan yang syariah ya, biar harta kita menjadi berkah dan terhindar dari harta haram. Banyak review reksadana mobile di kanal YouTube yang bisa Anda tonton sebelum memutuskan untuk memilihnya sebagai media menabung Anda. 

8. Penutup

Menabung Akan menjadi lebih menyenangkan jika menggunakan cara-cara yang unik dan mengasyikkan. Ada cara menabung yang mudah dan tidak beresiko, ada pula yang agak sulit dan beresiko. Tinggal Anda mau memilih cara menabung yang bagaimana. 

Namun sebelum menabung, sebaiknya harus cermat pula dalam membagi porsi antara uang untuk kebutuhan sehari-hari, uang untuk pegangan atau jaga-jaga dan uang untuk menabung. Hal ini bertujuan agar Anda tidak salah strategi dan malah membuat susah diri sendiri. Terima kasih. 

Post a Comment for "7 Cara Menabung Unik Paling Asyik"