Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menabung Uang Jajan 5000 Secara Efektif

vemuda.com - Selamat berkunjung kembali di blog kami yang biasa-biasa saja ini. Jika pada postingan yang lalu kami menjelaskan mengenai Cara Menabung Uang Jajan 2000 Secara Efektif, lain halnya pada kasus kali ini kami akan membahas salah satu cara menabung uang di rumah yaitu cara menabung uang jajan 5000 yang dapat diaplikasikan khususnya untuk anak-anak.

Uang 5000
Gambar: pixabay.com oleh Muhammad Syafrani

Lumayan banyak anak-anak yang browsing cara menabung uang jajan 5000, mungkin untuk membeli barang yang mereka inginkan. Berangkat dari hal tersebut kami akan menawarkan sedikit tips menabung uang dengan nominal 5000 rupiah. Meskipun lebih dianjurkan untuk anak-anak tapi tips menabung ini pun dapat dipraktekkan oleh siapa saja. Oke, mari kita bahas satu persatu tips menabung uang jajan 5000 rupiah berikut ini. 

1. Alasan Menabung Uang Jajan Rp. 5000

Kenapa mesti dengan menabung uang jajan 5000 rupiah? Karena duit dengan pecahan nominal 5000 rupiah ini tidak sulit untuk diperoleh anak-anak, alhasil tidak begitu menyulitkan mereka dibandingan menabung uang dengan pecahan puluhan ribu rupiah. Selain itu juga untuk mengajari dan melatih anak-anak agar dapat menabung sejak dini. 

2. Menabung Uang Rp. 5000 dalam Sehari

Karena yang akan kami paparkan adalah mengenai cara menabung uang jajan 5000 maka tentu saja besar uang yang ditabungkan adalah Rp. 5000. Bentuk uangnya terserah kepada Anda, mau uang kertas atau uang logam pun boleh, tidak meati pecahan Rp. 5000. Jadi sehari Anda dapat menabung uang Rp. 5000, tidak lebih dan tidak kurang. Durasi menabung juga mempengaruhi jika memakai cara ini. 

3. Menabung Setiap Ada Pecahan Rp. 5000

Jika pada poin pertama Anda diwajibkan menabung uang cuma sebesar Rp. 5000 dalam sehari, maka opsi selanjutnya Anda pun dapat menabung uang tiap kali ada pecahan uang Rp. 5000 dalam sehari. Jadi dalam sehari mungkin saja Anda menabung uang Rp. 5000 sebanyaknya, mungkin 5 lembar atau bisa saja 8lembar uang Rp. 5000 dalam sehari. Cara ini lebih disarankan agar jumlah uang yang diperoleh lebih besar. 

4. Menabung Uang di Celengan

Karena cuma pecahan Rp. 5000, maka bagusnya menabung uang tersebut di dalam celengan saja, tidak mesti menabung ke bank karena cukup repot. Tapi ada tips menabung di celengan yang bagusnya Anda coba. Memang masalah sederhana dan bukan kewajiban, namun ada baiknya Anda pertimbangkan dua poin berikut ini. 

a. Memilih Celengan

Tips menabung di celengan pertama ialah dengan mencari celengan yang benar. Dari pengalaman kami menabung, kami lebih menganjurkan untuk menabung di celengan yang terbuat dari material plastik, kaca atau celengan yang tidak menimbulkan debu dan karat. Karena debu dan karat bisa mengotori uang Anda. Kalau ada galon bekas di rumah, Anda dapat memakainya untuk celengan yang baik. Namun itu terserah kepada Anda sendiri mau memilih celengan yang seperti apa. 

b. Menyimpan Celengan

Setelah menabung uang ke dalam celengan, maka yang mesti Anda pikirkan adalah dimana Anda mesti menyimpan celengan tersebut agar aman. Kami lebih menganjurkan Anda untuk menyimpan celengan tersebut di dalam lemari berkunci agar tidak dapat dipantau orang lain. Atau Anda dapat juga menyimpannya di dalam kardus, kemudian tumpuk kardus tersebut dengan benda-benda lain di rumah Anda, sehingga tidak kelihatan bahwa di dalam kardus tersebut ada sebuah celengan di dalamnya. 

5. Membuat Target Menabung

Tips menabung berikutnya ialah dengan membuat target menabung. Bagaimana membuatnya? Mari kita bahas dua poin berikut ini supaya lebih detail dan dapat dimengerti oleh Anda sendiri nantinya. 

a. Total Uang yang Ingin Dikumpulkan

Sebelumnya Anda dapat memperhitungkan berapa jumlah uang yang ingin diperoleh selama menabung. Misalnya Anda hendak menargetkan jumlah uang Rp. 7.500.000 selama menabung untuk membeli laptop baru, maka tandanya Anda mesti menabungkan uang Rp. 5000 sebanyak 1500 kali. Memang lama juga, tapi ini pun dapat tergantung dari berapa lembar uang Rp. 5000 yang bisa Anda tabungkan dalam sehari. 

Rinciannya:

Rp. 5000 x 1500 = Rp. 7.500.000

b. Lama Durasi Menabung yang Ingin Ditempuh

Cara selanjutnyanya, Anda dapat membuat target menabung berdasarkan durasi menabung. Misalnya, Anda hendak menabung selama setengah tahun atau setahun, terserah Anda. Kami menganjurkan untuk menabung dengan jangka waktu yang lebih lama, sekitar setengah tahun lebih agar uang yang diperoleh lebih banyak, karena nominal uang yang ditabungkan bukanlah nominal yang besar. 

6. Membuat Tabel Menabung Harian

Kami sangat menganjurkan Anda untuk membuat tabel menabung harian Anda di buku catatan agar bisa memantau jumlah uang dan berapa kegiatan menabung yang telah Anda jalani dari waktu ke waktu. Untuk contoh tabelnya, Anda dapat membuat tabel seperti yang di bawah ini, tinggal Anda ganti angka nominal 2000 dengan nominal 5000 atau terserah Anda ingin membuat tabel menabung harian yang seperti apa. Dapat juga Anda membuatnya di Microsoft Excel atau dengan aplikasi finansial lainnya. 

Tabel menabung Harian
Tabel Menabung Harian

7. Penutup

Itulah tips cara menabung uang jajan 5000 secara efektif versi vemuda.com. Tips menabung ini dapat Anda praktekkan sebagai challenge menabung khususnya bagi anak-anak agar dapat melatih mereka untuk menyimpan uang sejak dini. Jika ada kesalahan atau kekurangan silahkan berikan saran dan kritik di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih atas waktu yang telah Anda berikan untuk membaca tulisan kami.

Post a Comment for "Cara Menabung Uang Jajan 5000 Secara Efektif"