Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah

vemuda.com - Selamat bertemu kembali di blog kami yang begitu sederhana ini. Jika pada tulisan yang lalu kami sudah membagikan tentang Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan maka pada tulisan kali ini kami akan berbagi Tips Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah yang mungkin akan bermanfaat bagi anak sekolahan. 

Menabung uang
Gambar: unsplash.com oleh Towfiqu Barbhuiya
Cara menabung ini nantinya bisa Anda jadikan sebagai challenge menabung bagi anak sekolah. Tapi sebelum memutuskan untuk mulai menabung, siswa mesti mempelajari beberapa tips menabung dari kami berikut ini supaya kegiatan menabung nya bisa berjalan dengan lancar. Apa saja itu? Mari kita bahas poin demi poinnya berikut ini. 

1. Analisa Pendapatan Anak Sekolah

Sebelum memutuskan untuk mulai menabung, siswa atau mahasiswa tentu saja harus menganalisa pendapatan harian mereka terlebih dahulu. Karena target menabung nya adalah menginginkan uang 1 juta per bulan, maka ini akan cukup berat bagi siswa atau mahasiswa yang uang sakunya pas-pasan. Bagaimana analisanya? 

Berikut kami berikan analisa untuk memperoleh uang 1 juta per bulan:
Rp. 1.000.000 : 30 hari = Rp 33.500/hari
Rp. 1.000.000 : 4 minggu = Rp. 250.000/minggu

Analisa di atas adalah analisa nominal uang yang mesti ditabungkan jika siswa atau mahasiswa ingin menabung uang secara harian atau mingguan untuk mencapai target 1 juta per bulan. Karena nominal yang hendak diperoleh cukup besar bagi anak sekolahan, maka tentu saja nominal yang yang mesti mereka tabung setiap hari cukup besar pula bagi anak sekolah yang uang sakunya pas-pasan. 

Kalau hendak menabung secara harian, maka minimal uang yang harus ditabung adalah Rp. 33.500/hari selama 30 hari. Kalau hendak menabung uang secara mingguan maka minimal uang yang mesti ditabung adalah Rp. 250.000 selama 4 minggu. Sekarang terserah mau memilih cara menabunh yang mana. 

2. Mencari Pendapatan dari Jalur Lain

Cara berikutnya untuk membuka potensi anak sekolah supaya bisa menabung setiap hari yaitu dengan menambah ide usaha lain. Ini bermaksud agar anak sekolah dapat memperoleh income dari jalan lain terlepas dari uang sakunya yang sudah ada jatahnya dari orangtua mereka. Jadi anak sekolah tidak akan tergantung dari uang saku harian saja, sehingga peluang anak sekolah untuk menabung uang akan semakin besar. 

Ada begitu banyak ide usaha yang dapat anak sekolah coba untuk menambah penghasilan mereka, mulai dari jualan makanan, jualan pulsa dan voucher internet dan sebagainya. Tinggal pilih hendak mencoba cara yang mana. Untuk lebih menambah pengetahuan Anda mengenai ide usaha, anak sekolah bisa mencarinya di Youtube, banyak sekali ide usaha yang dapat menjadi inspirasi bagi anak sekolah. 

3. Menekan Pengeluaran Harian

Langkah berikutnya supaya anak sekolah mampu menabung uang setiap hari adalah dengan menekan atau meminimalisir pengeluaran harian mereka. Anak sekolah harus cerdas dan teliti dalam mengeluarkan uang setiap hari. Cara ini mendidik mereka untuk menghemat uang saku harian mereka. Ingat, hemat disini bukan berarti anak sekolah pelit terhadap diri sendiri, tapi untuk membatasi pengeluaran mereka secara berlebihan saja. 

Berikut contoh cara berhemat yang bisa dicoba:
- Menahan diri untuk bepergian
- Berbelanja seperlunya saja
- Menghemat penggunaan pulsa telepon dan data internet
Untuk jelasnya anak sekolah bisa membaca tulisan kami yang berjudul 8 Cara Menghemat Uang Sepanjang Tahun

4. Tentukan Media untuk Menabung

Tentukan Media untuk Menabung
Hal pertama yang mesti anak sekolah pikirkan adalah media di mana mereka mesti menabung, tentukan dahulu apakah hendak menabung di celengan atau menabung di rekening bank. 

a. Menabung di Celengan

Kalau anak sekolah belum memiliki rekening bank, mereka bisa menabung di rumah dengan memakai celengan. Kami lebih menyarankan anak sekolah untuk memakai celengan dari bahan plastik atau kaca daripada memakai celengan dari bahan kaleng. Karena celengan berbahan kaleng terkadang menimbulkan karat suatu saat, sehingga dapat mengotori uang tabungan nantinya. 

Setelah memilih celengan yang cocok untuk menyimpan uang tabungan, anak sekolah juga harus memilih di mana mereka akan menyimpan celengan tabungan tersebut. Kalau di rumah ada lemari yang bisa dikunci, maka coba saja menyimpan celengan tersebut di dalam lemari tersebut supaya lebih aman. Atau jika ada ide lain, anak sekolah bisa menyimpannya di tempat yang dirasa lebih aman. 

b. Menabung di Rekening Bank

Kalau khawatir bahwa menabung di dalam celengan tidak terlalu aman, karena khawatir celengan akan diketahui orang, cobalah menabung uang ke dalam rekening bank bagi yang telah memiliki rekening bank. Tapi mesti dipahami bahwa menabung di bank itu juga punya kekurangan di balik kelebihannya. 

Kekurangan pertama, tiap bulan saldo rekening akan dipotong untuk biaya administrasi bulanan. Memang tidak begitu besar potongan saldonya, kurang lebih 10.000 rupiah tiap bulan. Kalau tidak begitu berat bagi anak sekolah, maka coba saja menabung ke dalam rekening bank. 

Kekurangan kedua, anak sekolah harus sedikit repot untuk menabung di rekening bank karena harus bolak-balik pergi ke kantor bank atau ke ATM untuk menyetor tabungan. Tapi mereka bisa mengatasinya dengan cara pergi ke kantor bank atau ATM sekali dalam seminggu. Caranya kumpulkan dahulu uangnya selama seminggu lalu nanti disetor. Atau kalau masih merasa repot, setor saja dua minggu sekali ke kantor bank atau ATM.

c. Menabung di dalam Amplop

Ini cara menabung yang unik, sebab celengan anak sekolah akan terlihat seperti susunan amplop yang berisi surat. Caranya, setiap kali mau menabung, masukkan uang tersebut ke dalam amplop. Tiap hari siapkan satu amplop untuk sekali menabung, lalu esok hari lakukan hal yang sama. Sehingga kalau mau menabung selama 1 bulan, maka akan ada amplop 30 lembar.

5. Membuat Tabel Menabung Harian

Kami sangat menyarankan anak sekolah untuk membuat tabel menabung harian di buku catatan supaya dapat memantau jumlah uang dan berapa lama aktivitas menabung yang sudah dijalani dari hari ke hari. Untuk contoh tabelnya, anak sekolah dapat membuat tabel seperti yang di bawah ini, tinggal diganti angka nominal 7000 dengan nominal yang diinginkan misalnya 33.500 atau terserah ingin membuat tabel menabung harian yang seperti apa. Bisa juga dibuat di Microsoft Excel atau dengan aplikasi finansial lainnya. 

Tabel menabung harian
Tabel Menabung Harian

6. Penutup

Kunci baiknya menabung uang bagi anak sekolah itu tergantung dari seberapa besar uang saku harian dan pendapatan sampingan serta dari gaya hidup anak sekolah dalam mengeluarkan uang sehari-hari. Cara menabung 1 juta per bulan yang kami bagikan ini hanyalah untuk membimbing anak sekolah dalam menyisihkan dan menghemat sebagian uang agar tidak cepat habis untuk hal-hal yang sia-sia. 

Dengan mengetahui cara menabung yang tepat kita dapat mengira-ngira apa saja yang harus kita perhatikan agar kita rajin menabung setiap hari. Setiap anak sekolah sebaiknya menerapkan hal ini demi masa depannya karena di masa depan kebutuhan mereka akan lebih banyak lagi. Terima kasih atas kesediaan Anda yang telah sudi membaca artikel kami. Jika ada saran dan kritik harap tuliskan saja di kolom komentar. 

Post a Comment for "Tips Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah"